Bersihkan Kawasan Pesisir, Mahasiswa Poltekkes Aceh Unjuk Aksi Bersih-bersih Lingkungan

Banda Aceh- Puluhan mahasiswa lakukan aksi bersih-bersih pesisir pantai sepanjang Jembatan penghubung kawasan Ulee Lheue dan Gampong Jawa di Kecamatan Meuraxa pada Jumat (15/10).

Aksi dari mahasiswa Poltekkes Kemenkes Aceh ini disambut baik oleh Kepala DLHK3 Banda Aceh, Hamdani Basyah, SH., melalui Kasi. Operasional Kebersihan, Dian Adiyanto, ST.,MT.

“Hari ini, kita kedatangan mahasiswa dari Poltekkes Kemenkes Aceh yang ikut serta aksi gotong-royong bersama para tim kebersihan sepanjang Jembatan penghubung kawasan Ulee Lheue-Gampong Jawa. Hal ini sangat kami (DLHK3) apresiasi” Ungkap Dian kepada tim liputan.

Selain dijadwalkan sebagai aksi peduli lingkungan, agenda itu juga merupakan kunjungan belajar perdana perguruan tinggi Poltekkes Aceh di DLHK3 Banda Aceh.

Dosen Pendamping kegiatan, Wiwit Aditama, SKM.,MPH. mengatakan kegiatan lingkungan ini sangat baik dilaksanakan untuk mendekatkan mahasiswa dengan lingkungannya. Sehingga mereka lebih memahami karakteristik serta jenis jenis sampah yang ada dilapangan.

Kemudian, pihaknya juga menuturkan akan melakukan proses evaluasi untuk memantau hasil dari pelaksanaan kegiatan tersebut.

“…Setelah ini, kami juga akan melakukan evaluasi ya, khususnya mengenai karakteristik sampah”. Tambahnya.

Selanjutnya, pelayanan penyapuan dilokasi terkait dilakukan setiap Senin, Rabu hingga Jumat sore. Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh juga telah menyediakan empat puluh (40) tong sampah yang tersebar di sepanjang jalan kawasan tersebut.

Manager Zona Kecamatan Meuraxa, Musliadi menuturkan bahwa pihaknya selalu memberikan himbauan kepada para pedagang dan pengunjung kawasan destinasi wisata Ulee Lheue untuk menempatkan sampah ke dalam tong yang tersedia.

Dengan adanya agenda tersebut, Kepala DLHK3 Banda Aceh juga berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat kota dalam menjaga dan merawat kebersihan dan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

“…DLHK3 sangat mengapresiasi agenda ini ya, Harapannya akan lebih ramai lagi anak-anak muda yang peka dengan kebersihan dan keindahan sekitar kita, sehingga kalau semakin ramai yang menjaga maka lingkungan akan semakin bersih dan indah. Jadi kita dapat menikmati hasilnya bersama-sama” Tutup Hamdani  sembari tersenyum. []

Visits: 7