20 Besar Relawan Terpilih Terima Bingkisan Menarik Dari Pemko Banda Aceh

Foto bersama para relawan kampanye "We Love Cities" pada agenda penyerahan bingkisan kepada dua puluh (20) besar relawan terpilih di Aula lantai 3 DLHK3 Banda Aceh, Senin (21/12/2020). Foto/Dok. DLHK3.

*Pemko Banda Aceh Lakukan Serah Terima Bingkisan Penghargaan Kepada Para Relawan “We Love Cities”

Banda Aceh- Pemerintah Kota (Pemko) melalui Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh menggelar agenda penyerahan bingkisan kepada para relawan kampanye “We Love Cities” yang digelar World Wildlife Fund (WWF) pada Senin (21/12) pukul 10.00 WIB di Aula lantai tiga DLHK3 setempat.

Kegiatan ini dihadiri puluhan relawan yang  dibuka langsung oleh Kepala Sub Bagian Program, Yusrida Arnita, S.P.,M.Sc. dan diikuti jajaran pejabat DLHK3 lainnya.

Dalam sambutannya, Yusrida mengungkapkan apresiasi terhadap seluruh relawan yang terlibat dalam kampanyer tersebut. Meskipun pihaknya mengatakan dari seratus satu (101) relawan yang mendaftar hanya tiga puluh (30) peserta relawan yang aktif dan efektif dalam melakukan aksi kampanye online.

“Kami sangat mengapresiasikan kerja keras dari seluruh tim yang terlibat dalam aksi kampanye “We Love Banda Aceh” tahun 2020 ini ya. Kepada panitia, jajaran pemerintah, pihak swasta, para relawan yang terlibat hingga warga kota yang paling spesialnya. Walaupun dari 101 orang  relawan yang mendaftar dan hanya 30 yang aktif, tapi kami mengucapkan terimakasih banyak kepada semua pihak yang telah terlibat” Ungkapnya sembari menyampaikan sambutan.

Selain ungkapan terimakasih, pihaknya juga menyerahkan bingkisan kepada dua puluh (20) besar relawan terpilih yang berisi buku profil DLHK3, tumblr, pouch, pin dan voucher makan sebagai tanda apresiasi Pemko kepada para relawan.

Tak hanya 30 besar, relawan lainnya juga mendapatkan e-sertifikat  yang dikirimkan melalui email masing-masing peserta.

Dalam aksi kampanye online yang telah berlangsung sejak tanggal 14 September hingga 11 Oktober 2020 tersebut, Kota Banda Aceh memperoleh 27.021 voting keseluruhan. Diantara kumpulan suara diperolah dari 3.726  suara Intagram melalui postingan, hastagh dan tagging akun, 551 suara dari media sosial Facebook, 5.605 dari vote FBS dan lain sebagainya.

Adanya Kampanye global di media sosial ini bertujuan mengangkat beragam solusi dalam mewujudkan kota berkelanjutan dan memobilisasi dukungan publik untuk inisiatif-inisiatif tersebut. Selain itu, perberlakuan kampanye secara online itu juga dinilai efektif dan efesien di masa pandemi.

Fenomenalnya, dalam ajang kompetisi tersebut Kota Banda Aceh berhasil mengalahkan Kota Bogor yang biasanya tiga periode berturut-turut sebelumnya masuk dalam 3 kota terbaik. Pada tahun 2020 ini, 3 kota terbaik di Indonesia yang diumumkan Juni lalu oleh WWF international. Ketiganya yaitu, Jakarta, Balikpapan dan Banda Aceh terpilih sebagai 3 besar dalam program ini.

Mengingat ajang itu perdana diikuti oleh Kota Banda Aceh,  Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh, Hamdani Basyah, SH., juga memberikan apresiasi yang luar biasa kepada semua tim yang tergabung dan membuktikan bahwa Kota Banda Aceh serius dalam mewujudkan Kota yang berkelanjutan nan dicintai oleh warganya.

“….Menjadi ajang pertama yang dilakukan oleh Banda Aceh. Lebih kurang itu biasa ya, kedepannya harus semakin kita tingkatkan lagi. Setidaknya ada track record dari internasional bahwa kita Kota Banda Aceh memang ingin menjadi kota yang berkelanjutan dan kota yang dicintai oleh warganya” Tutur Hamdani antusias. []