Sosialisasi Kebersihan dan Informasi layanan Lingkungan Sistem Digital, DLHK3 Gandeng Telkomsel

Banda Aceh – Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh terus melakukan inovasi dalam rangka menyosialisasikan kebersihan lingkungan ke masyarakat kota.

Kepala DLHK3, Hamdani Basyah, Sabtu (19/12/2020) mengungkapkan dalam rangka menyampaikan pesan kebersihan dan layanan lingkungan, pihaknya menggandeng Telkomsel.
“Kita menggandeng telkomsel, menerapkan sistem sosialisasi digital menggunakan layanan LBA (Location Base Advertising),” ujarnya memulai penjelasan.

Katanya, program ini selaras dengan target Kebijakan Strategi Daerah (Jakstrada) Pengelolaan Sampah sesuai amanah Perwal 46 Tahun 2018 dan sebagai upaya nyata DLHK3 mendukung smart environment pada program smart city kota Banda Aceh.

Sistem sosialisasi ini, lanjut Hamdani menggunakan layanan telkomsel, yakni melalui broadcast sms pada daerah tertentu sesuai dengan pesanan/iklan sosialisasi yang diinginkan.
“Setiap bulannya DLHK3 mengeluarkan 7.058 sms kepada warga untuk mengingatkan jadwal buang sampah, jadwal meletakkan sampah daur ulang di depo WCP pada masing-masing gampong, info tarif retribusi dan layanan DLHK3 lainnya,” ungkap mantan Kadispora Banda Aceh ini.

Melalui layanan broadcast sms tersebut, juga diingatkan pengananan sampah dan kebersihan di sungai dan pertokoan, budaya gotong royong serta peringatan dan imbauan yang bersifat kondisional terkait lingkungan.

Hamdani berharap, lewat sosialisasi yang dilakukan secara berulang-ulang dan kontinue diharapkan menjadi ajang perhatian bagi warga diera digital ini, karena warga pada umumnya memegang HP dalam sehari-hari sehingga semakin meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan dan mudah mendapatkan informasi layanan DLHK3.[]