Aminullah Usman Beri Apresiasi Tinggi Untuk Event Lingkungan Hidup Expo 2019

Walikota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE.,Ak,MM. (Tengah- Sebelah Kanan) didampingi Kadis DLHK3 Banda Aceh, Hamdani, SH. (Tengah-Kedua Sebelah Kanan) Menyerahkan Hadiah Piala dan Uang Pembinaan Kepada Peserta Pada Acara Closing Seremonial Lingkungan Hidup Expo 2019 di Taman Bustanussalatin (Taman Sari), Minggu (10/11/2019). Foto : amf.
Banda Aceh- Wali Kota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE.,Ak,MM. Menutup secara resmi kegiatan Lingkungan Hidup Expo 2019 kemarin, Minggu (10/11/2019) di Taman Bustanussalatin (Taman Sari). Kegiatan yang telah berlangsung sejak tanggal 08-10 November tersebut mendapatkan apresiasi tinggi dari orang nomor satu di Banda Aceh.

Menurutnya, event lingkungan yang diadakan oleh Pemko Banda Aceh melalui Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh ini memiliki nilai edukasi dan sosialisasi yang bagus untuk masyarakat kota tentang cara-cara penanggulangan sampah dan pemanfaatannya bagi kehidupan sehari-hari.

“Pertama Saya ingin sampaikan apresiasi kepada DLHK3 yang telah bekerja keras menggelar kegiatan ini. Event ini menjadi penting dalam memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang penanganan sampah dan kebersihan kota. Saya juga senang melihat antusias tinggi warga selama event ini berlangsung,” Ujar Aminullah saat menyampaikan pidatonya di Panggung Utama.

Dalam event yang menyasar kepada masyarakat umum, para siswa dan juga mahasiswa ini, Aminullah  berharap agar dapat meningkatkan kesadaran warga sekitar tentang pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan, Serta terus menerapkan  aksi memilah sampah dilingkungan sekolah.

Kemudian di sisi lain pula, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh, Hamdani, SH. Juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada para warga kota yang telah mengapresiasikan dengan sangat baik kegiatan lingkungan ini. Dan untuk kedepan pihaknya akan terus berupaya untuk meningkatkan lagi setiap aspek kegiatan lingkungan hidup expo yang menjadi agenda rutin Pemko Banda Aceh tersebut sebagaimana harapan yang disampaikan oleh Walikota Banda Aceh.

“Ya Alhamdulillah, Kegiatan ini berlangsung dengan sangat baik dan saya ucapkan juga terima kasih kepada para panitia, peserta dan pastinya warga kota yang begitu antusias dalam mengikuti event Lingkungan Hidup Expo 2019 ini. Kedepannya juga, Insya Allah kita akan sediakan lagi hadiah-hadiah yang lebih menarik untuk kegiatan Lingkungan Hidup Expo”. Ungkap Hamdani.

Selanjutnya, pada acara puncak closing seremonial, Wali Kota Banda Aceh yang didampingi oleh Kadis DLHK3 Banda Aceh menyerahkan hadiah berupa piala dan uang pembinaan kepada para juara aneka perlombaan yang digelar selama event ini berlangsung. Hadiah yang diberikan Walikota mencapai Rp.152,5 juta.

Dalam kesempatan ini juga, Aminullah menyerahkan penghargaan kepada para pekerja kebersihan dan pekerja yang telah pensiun dan menyerahkan piala bergilir kepada SDN 26 yang menjadi juara umum lomba paduan suara Mars Kebersihan Kota. (amf).

Berikut daftar juara aneka lomba yang mendapatkan piala dari Wali Kota Banda Aceh:

Pemenang Lomba Paduan Suara Mars Kebersihan

Tingkat SD/MI

  1. SDN 26 Banda Aceh (Juara I)
  2. SDN 67 Banda Aceh (Juara II)
  3. SDN 29 Banda Aceh (Juara II)
  4. SDN 3 Banda Aceh (Harapan I)
  5. SDN 17 Banda Aceh (Harapan II)
  6. SD Methodist Banda Aceh (Harapan III)

Tingkat SMP/MTs

  1. SMPN 6 Banda Aceh (Juara I)
  2. SMPN 3 Banda Aceh (Juara II)
  3. SMP Methodist Banda Aceh 9Juara III)
  4. SMPN Budi Dharma Banda Aceh (Harapan I)
  5. SMP IT Nurul Islah Banda Aceh (Harapan II)
  6. SMPN 19 Banda Aceh (Harapan III)

Tingkat SMA/MA/Kejuruan

  1. SAM Methodist Banda Aceh (Juara I)
  2. SMAN 10 Banda Aceh (Jauara II)
  3. SMAN 7 Banda Aceh (Juara III)
  4. SMAN 1 Banda Aceh (Harapan I)
  5. SMKN 1 Banda Aceh (Harapan II)
  6. SMAN 12 Banda Aceh (Harapan III)

Pemenang Lomba Cerdas Cermat Tingkat Instansi

  1. PUPR Banda Aceh (Juara I)
  2. Pengadilan Tinggi (Juara II)
  3. Dinkes Banda Aceh (Juara III)

Pemenang Penghargaan Inovasi teknologi Pengelolaan Sampah Tingkat Mahasiswa

  1. Mahasiswa dari Universitas Serambi Mekkah dengan judul inovasi “Pengelolaan Sampah sebagai Produk Bahan Bakar Minyak” (Juara I)
  2. Mahasiswa dari UIN Ar-Raniry dengan judul Inovasi “Aplikasi Teknologi Pewadahan Sampah Berbasis Poin Excahange” (Juara II)
  3. Mahasiswa dari UIN Ar-Raniry dengan judul inovasi “Inovasi Fero Egg sebagai Alat Penghancur Cangkang Telur” (Juara III).

Pemenang Lomba Essay Lingkungan Tingkat SMA/MA/SMK

  1. Mulianur Rizki dari SMK-SMTI Banda Aceh dengan judul essay “Transformasi Limbah Kopi menjadi Bioetanol sebagai Bahan Bakar Alternatif ramah Lingkungan” (Juara I)
  2. Jefri Munandar dari SMAM 16 Banda Aceh dengan judul essay “Pemberdayaan Ekonomi Produktif Melalui Pengolahan Sampah di Lingkungan Sekolah” (Juara II)
  3. Mutiara Dirgantari Veyson dari SMAN 5 Banda Aceh dengan judul essay “Modul Pop Up Aceh Green Program Kecil Menanam Dewasa memanen (KMDM)” (Juara III).

Pemenang Lomba Stand Pameran Daur Ulang Tingkat Gampong

  1. Kota Baru (Juara I)
  2. Surien (Juara II)
  3. Peunyeurat (Juara III)

Pemenang Lomba Sekolah Bersih

Tingkat SD/MI

  1. SDN 54 Banda Aceh (Juara I)
  2. SDN 3 Banda Aceh (Juara II)
  3. SDN 40 Banda Aceh (Juara III)

Tingkat SMP/MTs

  1. SMP 1 Banda Aceh (Juara I)
  2. SMPN 7 Banda Aceh (Juara II)
  3. MTsN 4 Banda Aceh (Juara III)

Tingkat SMA/MA/Kejuruan

  1. SMAN 10 Banda Aceh (Juara I)
  2. SMAN 12 Banda Aceh (Juara II)

3. SMAN 3 Banda Aceh (Juara III).

Visits: 243