Rekreasi dan Edukasi : Libur Sekolah, Ritz Konsultan ajak anak-anak Cahaya Aceh Belajar Memilah Sampah Sejak Dini

Para peserta berpose dengan tumbler pada kegiatan Holiday Fun “Cintai Bumiku” yang diadakan oleh Ritz Konsultan, pada Selasa (02/7/2019) di Taman Depan Masjid Raya Baiturrahman. Foto: AMF.

Banda Aceh- Mengisi waktu luang saat liburan sekolah, Ritz Konsultan mengadakan kegiatan Holiday Fun dengan tema “Cintai Bumiku” bersama anak-anak dari Cahaya Aceh di Taman Depan Masjid Raya Baiturrahman, pada Selasa (02/7/2019) sekitar pukul 16.00 WIB.

Kegiatan yang memberikan edukasi mengenai lingkungan terhadap anak-anak yang berusia 7 hingga 15 tahun ini menjadi kegiatan perdana Ritz Konsultan bersama para peserta lainnya. Kegiatan ini dialiansi oleh Ritz Konsultan Banda Aceh yang juga mengundang tim dari Cahaya Aceh dan turut hadir pula Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada anak-anak mengenai lingkungan sekitar.  Acara yang diadakan sore hari ini diikuti oleh 23 hingga 24 peserta yang berasal dari Cahaya Aceh. Manager program Ritz Konsultan, Wenny Aidina, S.Psi., M.Psi.,  mengatakan bahwa adanya program ini sebagai upaya mengisi kegiatan pada hari libur sambil memberikan edukasi kepada anak-anak tentang lingkungan. 

“Sebenarnya kegiatan ini diadakan untuk liburan anak-anak, jadi Ritz Konsultan menginisiasi program ini untuk menemani liburan anak. Daripada liburannya enggak tahu ngapain, maka kita rancanglah program ini, dan salah satu dari  7  kegiatan lainnya adalah cintai bumiku” Ujarnya.

Kemudian Wenny juga menambahkan bahwasanya adanya kegiatan ini bukan hanya sebagai ajang berlibur dan bermain, melainkan sebagai upaya memberikan edukasi kepada para peserta untuk lebih peka dan mencintai lingkungannya. Seperti halnya  belajar cara memilah sampah, mengelola sampah, hingga memberikan pengertian kepada mereka mengenai penggunaan tumbler sebagai upaya mengurangi penggunaan plastik pada kehidupan sehari-hari.  “Jadi, hari ini salah satu kegiatannya itu tentang cintai bumiku. Yang mana pada kegiatan ini goals  yang kami inginkan adalah anak mengerti bagaimana cara pengelolaan sampah, bagaimana sih supaya tidak lagi menggunakan botol plastik, hingga pemanfaatan barang bekas lainnya. Sehigga itu akan menjadi reboisasi untuk kedepannya ya” Tambahnya.

Selanjutnya, dalam kegiatan tersebut turut andil pula Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh sebagai instansi pemerintah yang mendukung  baik setiap kegiatan mengenai lingkungan. Hal ini disampaikan pula oleh Kasi bidang  Teknologi dan Pengelolaan Sampah, Rosdiana, ST.,MT. mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung kegiatan tersebut sebagai upaya edukasi kepada masyarakat mengenai pengelolaan sampah.

Terakhir Rosdiana juga menutup statementnya dengan mengajak para masyarakat dari setiap kalangan dan rentang umur untuk menjaga lingkungan kita bersama dan mengurangi timbulan sampah plastik yang ada di Kota Banda Aceh.  (AMF).

Visits: 92