Beragam Media Sosialisasi Pengelolaan Sampah di LH Expo Banda Aceh

Kadis DLHK3 mendampingi Sekda Kota Banda Aceh melihat karya daur ulang sampah di stand Gampong Ateuk Pahlawan, Selasa (9/10) DLHK3/AYU

Banda Aceh – Permasalahan sampah plastik sudah menjadi isu nasional yang terus diselesaikan dikalangan pemerintah, aktivis lingkungan dan masyarakat lainnya. Sampah plastik menjadi salah satu polusi lingkungan yang banyak dibuang sembarangan hingga berakhir ke laut. Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh menggaungkan tentang pengurangan penggunaan plastik sekali pakai dalam event perdana Lingkungan Hidup Expo di Taman Bustanussalatin, Banda Aceh 9-11 Oktober 2018.

“Permasalahan sampah plastik sudah menjadi isu nasional karena itu kami juga ingin menggaungkannya ke seluruh masyarakat Kota Banda Aceh melalui expo ini dengan tema Ayo Kurangi Penggunaan Plastik” ujar T Samsuar Kadis DLHK3 dalam sambutannya, Selasa (9/10).

Samsuar mengatakan bahwa ada beragam perlombaan yang dilaksanakan dalam Lingkungan Hidup Expo ini yaitu Lomba Sekolah Adiwiyata, Lomba Paduan Suara Mars Kebersihan diikuti 103 sekolah, Lomba Cerdas Cermat diikuti oleh 29 SKPK se-Kota Banda Aceh, Lomba Inovasi Teknologi Pengelolaan Sampah diikuti oleh 3 orang, Lomba Esai Lingkungan dikuti 18 peserta, Lomba Stand Daur Ulang Tingkat Gampong diikuti oleh 7 gampong, Lomba Sekolah Terbersih, dan juga akan dilaksanakan penyerahan penghargaan kepada pekerja terbaik 2018 dan penghargaan Pekerja Harian Lanjut Usia (Pensiun) terbaik 2018.

Seluruh perlombaan ini dapat menjadi media sosialisasi bagi masyarakat. Berbagai kalangan pun dapat mengikuti perlombaan seperti pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum lainnya. Kriteria penilaian sesuai dengan tema acara dan pengumuman pemenang perlombaan disampaikan pada penutupan acara, Kamis (11/10).

“Saya ingin event ini menjadi media sosialisasi tentang pengelolaan sampah kepada masyarakat. Event ini juga dimeriahkan oleh adik-adik siswa, kita ajarkan tentang pengelolaan sampah sejak dini melalui event ini” jelas T Samsuar kepada pers setelah pembukaan acara.

Sekretaris Daerah Banda Aceh, Ir. Bahagia, DipL,  SE, dalam sambutannya mengucapkan apresiasi kepada DLHK3 yang telah menyelenggarakan acara ini. Kegiatan ini bisa menjadi media informasi agar masyarakat menggunakan produk daur ulang dan mengurangi penggunaan plastik.

Selain Sekda Kota Banda Aceh, turut hadir dalam acara pembukaan Lingkungan Hidup Expo 2018, Kasatker Penataan Bangunan dan Lingkungan Provinsi, Direktur RSUD Zainal Abidin, SKPK, Kepala Sekolah se-Kota Banda, dan Para Geuchik Gampong di Kota Banda Aceh. (cmd)