DLHK3 Membersihkan 7 Pohon Tumbang dalam Sehari

 

Banda Aceh – Angin kencang yang melanda Kota Banda Aceh dan sekitarnya menumbangkan 7 pohon Kamis malam (19/7) di titik lokasi zona I dan zona II.

“Kami mendapatkan info pohon tumbang dari call center dan media whatsapp, pukul 7 pagi langsung kami kirim tim dan armada pengangkutan untuk membersihkan pohon tumbang yang mengganggu lalu lintas” papar Abdullah, Kasi Pertamanan DLHK3.

Abdullah mengatakan bahwa sebanyak 10 pekerja, dua orang manajer, dua orang mandor serta 2 armada pengangkutan dikirim ke lokasi untuk membersihkan area sekitar pohon tumbang. Tidak ada korban dalam bencana ini. Tim bekerja cepat tanggap membersihkan area pohon tumbang agar lalu lintas kembali lancar.

Ketujuh pohon tumbang tersebut masing-masing terletak di Jalan SDN 67 Percontohan Lamlagang (cemara laut), halaman kantor Walikota Banda Aceh (palem), jalan menuju Politeknik Aceh (cemara laut), Jl. Moh Hasan (trembesi), Jl. Prof Ali Hasymi (trembesi), Jl. Sultan Alaidin Mahmudsyah Pendopo Gubernur (trembesi), dan depan SDN 19 Banda Aceh (angsana).

Banyak faktor yang menyebabkan pohon tumbang beberapa diantaranya struktur batang pohon yang tidak kuat, rapuh, pemeliharaaan kurang intensif, perakaran yang terhambat pertumbuhannya karena adanya pengerasan, dan terlalu sering terkena hujan sehingga volume tampungan pohon menjadi berat, jelas Abdullah.

Abdullah menghimbau kepada masyarakat agar mencari jalan alternatif lain dan tidak melalui jalan yang banyak pohonnya dalam beberapa waktu ini selama masih musim angin kencang.

“Masyarakat sebaiknya menghindari daerah rawan dan berhati-hati ketika melewati jalan yang banyak pepohonan” tutup Abdullah. (cmd)

Visits: 497