DLHK3 Launching Aplikasi E-Berindah

Kadis DLHK3, T Samsuar, didampingi Agam-Inong Duta Lingkungan 2018 saat memaparkan kata sambutan Launching Aplikasi E-Berindah di Aula Balai Kota, Rabu (7/5). RIZKY/DLHK3

Banda Aceh – Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh me-launching  Aplikasi E-Berindah di Aula Lantai 4 Balai Kota, Rabu (7/6).

“Aplikasi E-berindah adalah singkatan dari elektronik bersih dan indah,lahir dari kondisi dimana DLHK3 memiliki personil terbatas untuk memonitoring kebersihan kota sehingga tidak mampu menjangkau seluruh kota, sehingga dirasa pula untuk melibatkan masyarakat” jelas T Samsuar, Kadis DLHK3 dalam kata sambutannya.

Selain itu, tambah Samsuar, E-Berindah juga lahir dari banyaknya komunitas-komunitas pecinta lingkungan (lebih kurang 53 komunitas) yang bermunculan di Kota Banda Aceh, yang selama ini efektif membantu DLHK3 dalam berbagai kegiatan seperti HPSN, TBBS, gerakan-gerakan bersih-bersih di pantai maupun di berbagai event-event lainnya.

Dari kedua hal tersebut, DLHK3 menciptakan aplikasi ini sebagai suatu inovasi yang dapat melibatkan masyarakat dan komunitas secara berkesinambungan untuk membangun dan memelihara Kota Banda Aceh yang semakin hari semakin berkembang.

Aplikasi E-Berindah ini diresmikan langsung oleh Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman. Oleh karena itu turut diundang pemateri yang kompeten dari Telkomsel, World Wildlife Fund (WWF) dan (Digital Lounge (DILo) Banda Aceh untuk mengisi sesi talkshow. Sebanyak 200 peserta yang terdiri dari duta lingkungan, aktivis peduli lingkungan, mahasiswa, masyarakat umum menghadiri launching yang dilaksanakan di Gedung A Mawardy Nurdin, Balai Kota Banda Aceh.

Aplikasi ini merupakan agenda proyek perubahan Yusrida Arnita, selaku Kasubbag Program dan Pelaporan DLHK3, yang mengikuti Diklat PIM IV. Terdapat 168 lokasi yang menjadi kawasan Pantauan dan Monitoring rutin DLHK3. Para relawan dapat memilih lokasi minimum satu lokasi dan maksimum lima lokasi dari berbagai jenis lokasi yang terdiri dari fasilitas umum, jalan, taman, saluran dan sungai.

Untuk menjadi tim pemantau dan monitoring dalam aplikasi e-berindah para relawan harus mengunduh aplikasi E-Berindah di Google Play Store lalu mendaftar menjadi relawan dengan menginput Nomor Induk Kependudukan (NIK). Selanjutnya mengikuti petunjuk manual aplikasi yang tersedia di website DLHK3 (dlhk3.bandaacehkota.go.id).(cmd)

Visits: 704