30 Personil DLHK3 Disiapkan untuk Gotong Royong Gampong

Kasi. Operasional Kebersihan DLHK3, Dedy Arithama, foto bersama warga Gampong Lampulo seusai gotong royong pada 3/3/2018

Banda Aceh – Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh melaksanakan gotong royong bersama warga di Gampong Lampulo pada tanggal 3/3/2018. Ini merupakan jadwal ke-15 kegiatan gotong royong gampong yang dikeluarkan oleh Bidang Kebersihan DLHK3.

“Mulai tahun 2018, DLHK3 telah menetapkan sebanyak 200 kali gotong royong untuk seluruh gampong di Kota Banda Aceh. Setiap minggunya telah ada daftar nama gampong yang akan gotong royong, minimal setiap gampong melaksanakan gotong royong dua bulan sekali” papar Dedy Arithama, selaku Kasi. Operasional Kebersihan DLHK3 Sabtu pagi, seusai gotong royong di Gampong Lampulo.

Dedy menambahkan bahwa masyarakat punya tanggung jawab besar untuk menjaga kebersihan tempat tinggalnya. DLHK3 dapat memfasilitasi armada pengangkutan sampah dan personil kebersihan untuk membantu kegiatan gotong royong gampong ini.

“Ada 4 truck dan 30 personil kebersihan yang disediakan DLHK3 untuk membantu kegiatan gotong royong. Juga disediakan alat kebersihan seperti sapu lidi, cangkul, parang, dan alat kebersihan lainnya. Para keuchik dapat mengirimkan permohonan armada dan personil kebersihan ke DLHK3 untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan gotong royong gampong ” ujar Dedy.

Dedy menjelaskan bahwa kegiatan gotong royong ini bertujuan untuk merangkul masyarakat agar sigap menjaga wilayah tempat tinggalnya. Menjaga kebersihan lingkungan tidak hanya tugas pemerintah saja, harus ada keselarasan antara masyarakat dan pemerintah. Salah satu faktor  penting untuk keberhasilan dan kelancaran gotong royong adalah kerjasama yang kuat antara DLHK3, aparatur gampong, Muspika Kecamatan/gampong, dan masyarakat.(cmd)