Jambore Nasional Bebas Sampah Ke-2 untuk Indonesia Bebas Sampah 2020 Dijalankan di Banda Aceh

Para penggiat lingkungan dari 32 provinsi Indonesia berjumlah 289 orang beberapa waktu lalu berkumpul di Kota Banda Aceh dalam rangka  melaksanakan kegiatan Jambore Nasional Bebas Sampah. Kegiatan Jambore Nasional Bebas Sampah (JNBS) dilaksanakan dari tanggal 10-12 November 2017 di Hutan Kota Tibang, Banda Aceh. “Ini merupakan pelaksanaan Jambore Nasional Bebas Sampah yang kedua kalinya, setelah penyelenggaraan pertama tahun 2016 lalu di Kota Solo.

Kota Banda Aceh menerapkan sistem Waste Collecting Point  (WCP) untuk mengelola sampah pada sumbernya dan telah meraih 9 kali piala/penghargaan adipura, ini merupakan  beberapa alasan kenapa Kota Banda Aceh dipilih sebagai tuan rumah pelaksana Jambore Nasional Bebas Sampah tahun 2017. Hal tersebut disampaikan Mirzayanto, ST. sekretaris DLHK3 Banda Aceh saat konferensi pers di Keude Kupi Aceh.

 

Konferensi Pers Pra Jambore Nasional #BebasSampah2020 di KKA

Foto : Panitia JBSN 2020

 

Beberapa rangkaian kegiatan JNBS antara lain sarasehan dan Focus Group Discussion (FGD), pemaparan isu lingkungan dari daerah masing-masing peserta serta acara puncak berupa jamuan makan malam oleh Walikota Banda Aceh.

Yusrida Arnita, M.Sc. (Kasi Pelaporan dan Program DLHK3 Banda Aceh) didaulat menjadi salah seorang pemateri dalam kegiatan serasehan. Pada kesempatan tersebut Yusrida menyampaikan materi tentang “Inisiatif Pengolahan Sampah dari Hulu”. Yusrida menyampaikan bahwa sistem Waste Collecting Point (WCP) menjadi salah satu sistem manajemen pengelolaan sampah dari sumbernya yang berbasis masyarakat. Kegiatan WCP bertujuan untuk meningkatkan pelayanan persampahan dan upaya pengurangan sampah yang bersinergi dengan peningkatan ekonomi masyarakat di Kota Banda Aceh.

“Jika pemerintah ingin serius menjadikan Indonesia Bebas Sampah 2020 maka pemerintah harus menyentuh masyarakatnya terlebih dulu” tambah Yusrida saat memaparkan materi kepada peserta Jambore di Aula Universitas U’Budiah, Tibang. Harapan dari kegiatan JNBS ini dapat menciptakan komitmen secara nasional dari para peserta untuk bekerja sama mencapai Indonesia Bebas Sampah 2020.(cmd)

Visits: 228