Gelar Aceh Police Expo 2017, Zero Waste Aceh adakan Patroli Sampah.

Dalam rangka memperingati Hut Bhayangkara ke-71, kepolisian Daerah (POLDA) Aceh menyelenggarakan Aceh Police Event 2017. Kegiatan ini diselenggarakan  mulai 9-12 Juli 2017 di Blang Padang. Acara yang digelar untuk menjadi momentum pendekatan POLDA Aceh dengan masyarakat, juga menghadirkan berbagai macam stand yang diisi oleh karya Polres se-Aceh dan berbagai instansi.

Untuk membantu Acara tersebut bebas dari sampah, berbagai komunitas yang tergabung di Zero Waste Aceh seperti Duta Lingkungan Aceh dan Kota Banda Aceh, KOPHI Aceh, PPLH Man Model Banda Aceh, Sahabat Hijau Aceh, FKK Banda Aceh, Himpunan Teknik Lingkungan UIN Arraniry dan Unmuha melakukan aksi patroli sampah di sekitar acara.

“Patroli sampah sudah pernah dilaksanakan dalam bentuk lain, tetapi sempat berhenti, Jadi disini kita gerakkan kembali aksi ini mengingat ketika event besar dilakukan sebelumnya kondisi Banda Aceh terlihat sangat kacau akan sampah” ujar Rama selaku Volunteer Zero Waste.

Aksi ini meliputi memungut sampah di sekitar lokasi acara. Pengutipan sampah dilakukan dengan cara memilah antara Sampah Botol dan Sampah Residu. Hasil kedua jenis sampah tersebut rencananya ditimbang terlebih dahulu, setelah itu dipisahkan untuk pembuangannya. Sampah botol dibawa ke TPS 3R Gampong lambung untuk dapat diolah menjadi barang yang bermanfaat dan Sampah residu dibawa ke TPA.

Tidak sekedar mengutip sampah saja, berbagai aksi edukasi tentang sampah kepada pedagang-pedagang dan pengunjung di sekitar acara juga dilakukan. Edukasi tersebut untuk mengingatkan konsumen dan produsen tidak membuang sampah seenaknya saja.

“Pemerintah telah menyediakan kontainer dan beberapa petugas untuk mendukung kegiatan ini,  masyarakat diharapkan sadar akan membuang sampah pada tempatnya agar Kota tercinta kita ini bersih dari sampah” tambah Rama.

Patroli Sampah terbuka untuk umum, jika ada yang minat beraksi silahkan bergabung. Panitia telah menyediakan posko untuk aksi Zero Waste di sudut kiri pintu masuk stand. Aksi ini berbentuk sistem shift, ada Shift Pagi (09.00-12.00 WIB) dan Shift Sore (15.00-18.00). Sudah lebih dari 70 orang tergabung dalam aksi ini. Yuk kita beraksi untuk Kota #BandaAcehBebasSampah !

(Arisna)

Visits: 47